Pertumbuhan dunia digital memang tidak bisa dihindari lagi. Dibutuhkan strategi khusus untuk menghadapi berkembangnya teknologi dan perubahan karakteristik masyarakat. Perushaan mau tidak mau harus berhadapan dengan perubahan tekhnologi dan beragam gangguan.

Dalam dunia digital ini, Human Resources dan human capital sebuah perusahaan harus bisa bertransformasi.  ini adalah langkah langkah menuju kesana. Misalnya tahun depan kita harus sosialisasikan digital teknologi kepada seluruh karyawan sehingga mereka itu siap dan memahami apa saja manfaat yang didapat ketika kita mengadopsi suatu teknologi. Salah satunya adalah penggunaan Big Data. Saya berharap kedepanya success rate kita bisa lebih tinggi

Tekhnologi kedepanya harus dapat mendorong efisiensi perusahaan migas yang memiliki sifat High Capital dan High Risk, termasuk dalam mempermudah pekerjaan divisi SDM.

Untuk Industri Energi yang bersifat high risk dan high capital intention ini, kita sangat membutuhkan teknologi digital. sehingga kita bisa menurunkan segala risiko dengan akurasi teknologi, dan bisa saving cost. Tiap presentase yang kita saving akan berdampak luar biasa terhadap finansial 

Sementara dalam menghadapi kondisi dunia yang VUCA ( Volatile, Uncertain, complex, & ambiguous) ini, dia menegaskan, kepemimpinan menjadi kunci penting dalam pengubahan behaviour pekerja untuk dapat beradaptasi dengan teknologi yang serba digital.

"Perkembangan digital ini sangat merubah perilaku dan cara kerja kita, bahkan budaya kerja kita. Agar bisa beradaptasi dan mengubah budaya, harus mulai dari pucuk manajemen,"

Pekerja senior itu perlu diberikan training untuk dapat memahami dan membina karakter milenia pekerja muda saat ini, yang menurutnya, motivated by meaning, challenge oriented, terbuka, banyak bertanya dan ingin dekat dengan bosnya.

Leadership sekarang. You need to agile, you need collaboration, Pekerja muda butuh dirangkul. Mereka memiliki kecerdasan dan pengetahuan plus alias lebih lima tahun, namun kedewasaan minus lima tahun.

 

Go to top