Blog

Manfaat utama gas alam adalah sebagai sumber energi antara lain untuk rumah tangga dan industri

selain itu gas alam juga dimanfaatkan untuk bahan baku industri dan gas hidrogen

manfaat lainya dari gas bumi adalah:

 

  1. Pembangkit Listrik

Gas alam adalah salah satu gas yang dapat di pakai sebagai alat pembangkit listrik. Selain itu gas alam juga dianggap sebagai energi alternatif pengganti air maupun angin sebagai pembangkit listrik.

  1. Sebagai Bahan Bakar Kendaraan

Gas alam dapat dijadikan sebagai bahan bakar alternatif pengganti bensin dan solar. Selain itu, gas alam dianggap sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan, karena tidak menghasilkan gas buangan yang berbahaya. Bahan bakar gas sudah mulai di terapkan di indonesia. Kendaraan pertama yang memakai bahan bakar gas di indonesia adalah bemo yang banyak beroperasi di Jakarta.

  1. Bahan Baku Industri Plastik

Selain sebagai sumber energi, gas alam juga menjadi salah satu bahan baku dalam industri pengolahan plastik. Selain plastik, masih banyak industri lain yang memakai gas alam sebagai bahan bakunya. Antara lain industri pengolahan besi baja, dan industri pengolahan mesin pemadam api.

  1. LPG

LPG adalah salah satu alat rumah tangga yang selalu ada di hampir setiap rumah. LPG dipakai untuk memasak, dengan memanfaatkan gas alam sebagai bahan bakar untuk membuat api pada kompor.

  1. Energi Alternatif

Gas alam bisa dipakai sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan. Dengan memakai energi yang ramah lingkungan, diharapkan mampu mengurangi efek dari rumah kaca (Baca: Cara Menanggulangi Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global). Hal ini karena gas alam tidak mengeluarkan bahan buangan yang mencemarkan lingkungan. Hanya saja karena dalam bentuk gas, pengolahan menjadi lebih sulit dari pada mengolah minyak bumi.

  1. Sumber Energi Alternatif di Rumah

Gas alam dapat dipakai sebagai sumber energi alternatif untuk pemanas dan pendingin di rumah. Di beberapa negara yang memiliki 4 musim, pendingin dan pemanas sangat di butuhkan. Dengan mamakai gas alam sebagai energi, maka biaya listrik di rumah dapat di kurangi.

  1. Pengolahan Kertas

Gas alam juga di pakai pada pengolahan kertas dan tissue. Akan tetapi pada pengolahannya, gas alam tidak di pakai sebagai bahan bakar. Akan tetapi sebagai sumber energi untuk menyalakan mesin. Hal ini karena gas alam adalah bahan bakar yang ramah lingkungan sehingga dipakai sebagai energi alternatif pengganti minyak bumi dan batu bara.

  1. Bahan Baku Industri Pupuk

Pupuk buatan adalah pupuk yang di buat dengan mencampurkan berbagai bahan kimia. Dalam proses pembuatannya, pupuk buatan memakai gas alam sebagai salah satu bahan bakunya. Akan tetapi jika terlalu sering di pakai, pupuk buatan akan merusak tanah, dan mengurangi kesuburan dari tanah.

  1. Industri Rekayasa Hujan

Gas alam dianggap mampu merekayasa hujan. Caranya dengan menaburkan karbon dioksiada ke awan, untuk memancing awan hujan. Hal ini berguna di saat suatu daerah terkena musim kemarau yang panjang. Merekayasa hujan juga berguna, pada daerah yang rawan dengan kebakaran hutan (baca: Hujan Buatan : Pengertian, Proses dan Dampaknya).

  1. PLTU

Pembangkit listrik tenaga uap adalah salah satu pembangkit listrik ramah lingkungan selain pembangkit listrik tenaga air. Gas alam di pakai, karena gas alam dapat menjadi pembangkit listrik yang bersih, serta lebih baik dari pada minyak bumi dan batubara.

  1. Komoditas Energi yang Diminati

Gas alam adalah salah satu komoditas minyak bumi yang sangat diminati selain minyak bumi dan batu bara. Selain itu, gas alam dan minyak bumi adalah dua sumber daya alam yang di dapat pada satu tempat yang sama. Sehingga penjualan gas alam dianggap sebagai komoditas yang menguntungkan.

  1. Salah Satu Sumber Pendapatan Negara

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti gas alam, minyak bumi, dan batu bara adalah salah satu sumber pendapatan negara. Seperti di  Indonesia, pajak penjualan dari gas alam menjadi salah satu sumber pendapatan negara. Hal ini karena gas alam menjadi bahan mentah yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

  1. Sebagai Energi Ramah Lingkungan

Gas alam adalah salah satu energi yang dianggap sebagai energi ramah lingkungan. Dengan memakai gas alam, maka energi yang dihasilkan akan sama besar dengan dengan pemakaian minyak bumi dan batu bara. Yang membedakan adalah gas alam tidak mengeluarkan sisa pembuangan yang berbahaya. Pemakain gas alam juga dinilai mampu meembersihkan udara yang kotor (Baca: Polusi Udara : Penyebab, Dampak, dan Upaya Menanggulanginya). Karena semakin berkurang gas buangan kotor yang disebabkan oleh batu bara dan minyak bumi.

  1. Pemberi Lapangan Kerja

Industri gas alam mampu memberikan lapangan lerja bagi banyak orang. Hal ini karena dibutuhkan banyak orang dalam pengeboran minyak bumi dan gas alam. Selain itu, dalam proses pembersihan dan pengepakan, juga membutuhkan banyak sumber daya manusia.

  1. Sebagai Dry Ice

Dry ice adalah es kering yang sering dopakai sebagai upa dalam sebuah pertunjukkan. Alan tetapi es kering juga serinh dipakai sebagai pengawet makanan. Untuk membuat es kering, membutuhkan gas alam sebagai bahan baku, agar es menjdi kering dan tidak mudah mencair.

  1. Sebagai Bahan Baku Minuman

Minuman soft drink adalah minuman yang memakai CO2 yang berasal dari gas alam. Fungsi dari CO2 dalam minuman soft drink adalah agar minuman tersebut tampak berbusa, serta berkarborasi.

  1. Sebagai Bahan Penelitian

Banyak sekali fungsi gas alam yang belum ditemukan. Oleh karena itu, gas alam masih terus di teliti demi kemajuan teknologi serta untuk mencari energi alternatif yang ramah lingkungan, dan tidak mengeluarkan zat yang berbahaya.

 

Dan pada bulan Desember 2018 KSO PT Noorel Idea / Noorel dan Sucofindo berhasil merampungkan proyek ini sesuai target yang talah disepakati dalam kontrak.

Intsalasi telah rampung di tiga kota : Balikpapan 5000 sambungan rumah, Penajam 4260 Sambungan Rumah, Bontang 5005 sambungan Rumah

PT. Noorel Idea terus berusaha memberikan kontribusi dan dukungan terhadap proses pembangunan di Indonesia. Kini Noorel Telah mengerjakan instalasi jaringan gas rumah tangga di kota Balikpapan Kalimantan Timur. Dengan tetap mengutamakan keamanan dan kebersihan lingkungan Noorel Idea berhasil membangun instalasi jaringan gas dengan baik di Kalimantan Timur.

Berikut Video kegiatan Noorel di Balikpapan.

  

                                       

Pada 2017 ini, pemerintah mengalokasikan APBN 2017 untuk membangun 59.809 sambungan rumah. Sedangkan PGN mendapat 26 ribu sambungan rumah. Lokasinya tersebar di Kabupaten Musi Banyuasin, Kota Bandar Lampung, DKI Jakarta, dan Kota Mojokerto

Pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga (jargas) merupakan bagian dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019 karena dapat memenuhi kebutuhan energi yang bersih, murah, ramah lingkungandan efisien.

 Pemerintah telah melaksanakan pembangunan jaringan gas untuk rumah tangga 200.000 sambungan setiap tahun. Dengan mengkonversi penggunaan gas LPG menjadi gas bumi yang dialirkan melalui pipa maka bisa menghemat bahan bakar

 Dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga dalam rangka penyediaan kebutuhan energi masyarakat di 9 wilayah kabupaten/kota tahun anggaran 2017, Direktorat Jenderal Minyak Dan Gas Bumi telah bersama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota pada tanggal 29 Maret 2017 yang lalu telah menandatangani Nota Kesepahaman tentang Penyediaan dan Pendistribusian Gas Bumi Melalui Jargas Untuk Rumah Tangga Tahun Anggaran 2017.

Pemanfaatan jargas akan menghemat pengeluaran rumah tangga dibandingkan tabung LPG 3 kg. Masyarakat dapat menghemat hingga 36% dibandingkan penggunaan LPG 3 kg. Rata-rata, tiap rumah tangga hanya perlu mengeluarkan sekitar Rp. 36 ribu per bulan jika menggunakan gas bumi. Sedangkan apabila menggunakan LPG 3 kg, diperlukan biaya Rp. 52-57 ribu per bulan. Selain itu, program jargas juga akan menghemat subsidi LPG 3 kg dalam APBN.

Ini sama juga dengan upaya penghematan nasional atas subsidi kira-kira Rp. 1,5 miliar per bulan atau Rp. 18 miliar per tahun

Keberadaan jargas mampu mempermudah para ibu rumah tangga dalam menjalankan kebutuhan berumah tangga. Jadi tidak perlu khawatir mau masak jam berapapun, karena gasnya nggak akan habis, 24 jam mengalir. Harganya pun jauh lebih hemat kira-kira Rp. 14.000 sampai Rp. 15.000 per bulan,

 

Dibutuhkan segera Sopir :

Usia               : Maksimal 35 thn
Kelengkapan : Memiliki SIM A & C
Keahlian        : Mobil Manual dan Matic
Pengalaman   : Hafal jalan jalan JABODETABEK
Lain-lain        : Jujur, rajin Shalat 5 waktu, energik

Kirim lamaran ke Gd.Manggala Wanabakti Blok IV Lt.2 No.207a Jakarta Pusat 1027

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 yang mengamanatkan penyelenggaraan kegiatan usaha minyak dan gas bumi harus menjamin efisiensi dan efektifitas tersedianya minyak dan gas bumi, baik sebagai sumber energi maupun sebagai bahan baku, untuk kebutuhan dalam negeri serta Peraturan Presiden RI namor 5 tahun 2006 tentang Kebijakan Energi Nasional agar diambil langkah-langkah penggunaan energi alternatif sebagai substitusi BBM dalam rangka mengurangi subsidi BBM khususnya minyak tanah yang digunakan oleh sektor rumah tangga.

Menyadari ketergantungan terhadap minyak bumi yang semakin meningkat, sejak beberapa tahun yang lalu, Pemerintah berusaha melakukan berbagai upaya untuk menekan pertumbuhan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan mengalihkan ke energi alternatif untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri.

Langkah-langkah strategis pemerintah dalam upaya pemanfaatan energi alternatif pengganti BBM adalah peningkatan penggunaan bahan bakar gas bumi untuk sektor rumah tangga dan pelanggan kecil, sehingga dapat meningkatkan fuel security of supply tercapainya keseimbangan energy mix dan penurunan subsidi minyak tanah.

Untuk mendukung program pemanfaatan energi alternatif pengganti BBM perlu dukungan dan optimalisasi penggunaan gas bumi pada wilayah-wilayah yang memiliki potensi gas bumi untuk dikembangkan menjadi wilayah distribusi gas bumi.

Oleh karena itu Pemerintah perlu mengambil langkah strategis untuk mengembangkan jaringan distribusi gas bumi, khususnya pembangunan fasilitas dan infrastruktur gas kota yang handal, berkualitas, berkesinambungan dan tepat sasaran.

   Alasan Kegiatan Dilaksanakan

Saat ini upaya peningkatan pemanfaatan bahan bakar gas bumi untuk rumah tangga dan pelanggan kecil terhambat karena terbatasnya infrastruktur yang menghubungkan gas bumi dari sumbernya ke konsumen. Kurang berkembangnya infrastruktur gas bumi tersebut dikarenakan kendala keekonomian, sehingga badan usaha belum tertarik untuk mengembangkannya. Oleh karana itu perlu keterlibatan pemerintah untuk mempercepat penggunaan bahan bakar gas tersebut melalui pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga.

Pada tahun anggaran 2013, Pemerintah melalui Kementerian ESDM Cq. Direktorat Jenderal Migas telah melaksanakan penyusunan FEED dan DEDC Pembangunan Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga dan akan melaksanakan Pembangunan Jaringan Distribusi Gas Bumi Untuk Rumah Tangga di Kabupaten Bekasi sebanyak 3.949 SR. 

 MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan kegiatan ini adalah melakukan pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga sebanyak 3.949 SR di Kabupaten Bekasi sebagai upaya peningkatan pemanfaatan bahan bakar gas bumi untuk rumah tangga dan pelanggan kecil.

Tujuan dari kegiatan pembangunan jaringan distribusi gas bumi adalah untuk mengurangi beban subsidi BBM khususnya minyak tanah dengan mengurangi ketergantungan BBM (minyak tanah) dan LPG pada sektor rumah tangga dan pelanggan kecil.

 RUANG LINGKUP PEKERJAAN

  • Ruang Lingkup Kontrak Kegiatan ini adalah :
    • Menyusun rencana pelaksanaan pembangunan yang meliputi :
  1. Organisasi kerja;
  2. Tatacara pengaturan pekerjaan dan standar prosedur kerja (SOP);
  3. Spesifikasi prosedur pengelasan untuk pipa carbon steel dan spesifikasi prosedur penyambungan (fitting) untuk pipa polyethylene;
  4. Jadwal pelaksanaan pekerjaan dan jadual pengadaan bahan/material, mobilisasi peralatan dan personil/tenaga kerja (S-Curve) yang disiapkan sebelum pelaksanaan pekerjaan dimulai dan mendapat persetujuan Konsultan Pengawas dan Pejabat Pembuat Komitmen;
  5. Penyusunan rencana pemeriksaan lapangan dan pengujian (inspection and test plan) sesuai target penyelesaian pekerjaan;
  6. Menyiapkan check list pemeriksaan lapangan;
    • Melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan masyarakat setempat mengenai pelaksanaan pekerjaan;
    • Menyiapkan kantor untuk manajemen dan tempat/gudang penyimpanan untuk material dan peralatan yang akan dipasang di lokasi proyek;
    • Menyiapkan peralatan pendukung infrastruktur (equipment) yang akan digunakan dalam pekerjaan Pembangunan Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga di Kabupaten Bekasi sesuai dengan spesifikasi yang dipersyaratkan atau sesuai dengan spesifikasi dalam disain teknis;
    • Pengadaan material yang akan dipasang pada jaringan distribusi gas bumi dengan mengacu pada ketentuan peraturan perundangan, spesifikasi pemilik, dan standar yang disyaratkan;
    • Melaksanakan pekerjaan pengelasan dan penyambungan berdasarkan prosedur yang disetujui Pejabat Pembuat Komitmen;
    • Menyiapkan dan melaksanakan QA/QC procedure Pembangunan Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga di Kabupaten Bekasi sesuai dengan peraturan perundangan, spesifikasi pemilik, dan standar yang disyaratkan;
    • Melakukan pengujian/test terhadap pipa yang telah terpasang sesuai dengan ketentuan;
    • Melakukan konstruksi, pengujian dan commisioning test (Nitrogen) sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan, spesifikasi pemilik, spesifikasi manufaktur dan standar yang disyaratkan;
    • Melakukan commisioning (gas in) pada Masa Pemeliharaan ;
    • Melakukan dokumentasi untuk setiap tahapan pekerjaan 0%, 15%, 40%, 75%, dan 100%;
    • Melakukan pengamanan pipa beserta peralatannya yang akan dipasang terhadap tekanan beban dari sekitarnya dan/atau gangguan lainnya selama pelaksanaan pekerjaan yang berakibat menurunnya kualitas pipa beserta peralatannya;
    • Menyediakan dan memasang semua fasilitas yang diperlukan untuk pengamanan pipa gas seperti paku pipa, penyangga pada pemasangan pipa;
    • Memperbaiki dan mengembalikan kondisi fasilitas umum yang rusak yang terjadi akibat pekerjaan pembangunan fisik;
    • Membersihkan daerah pemasangan pipa gas dari semua kotoran-kotoran yang berupa kelebihan tanah, batu serta kotoran-kotoran lain;
    • Menyiapkan as built drawing, pedoman pengoperasian dan pedoman pemeliharaan;
    • Melaksanakan semua pemeliharaan yang diperlukan pada pipa gas bumi yang telah terpasang selama masa pemeliharaan setelah pemasangan dinyatakan selesai, atau setelah diterbitkannya berita acara penyerahan pertama;
    • Menerapkan aspek keselamatan dan kesehatan kerja dan pengelolaan lingkungan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk terhadap mitra kerja kontraktor.

 KELUARAN (OUTPUT)

  1. Terbangunnya jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga di Kabupaten Bekasi
  2. Tersedianya fasilitas jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga di Kabupaten Bekasi

                                         

                                                     jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga di Kabupaten Bekasi

 HASIL (OUTCOME)

  1. Terbangunnya jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga;
  2. Tersedianya energi alternatif bagi masyarakat yang murah, bersih, dan aman sehingga dapat meningkatkan taraf hidup keluarga (masyarakat) pengguna jaringan gas bumi untuk rumah tangga (Ibu rumah tangga);
  3. Tersedianya fasilitas jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga;
  4. Meningkatnya pemanfaatan penggunaan bahan bakar gas bumi untuk rumah tangga;
  5. Dapat membantu mengurangi ketergantungan dan subsidi BBM (khususnya kerosin/ minyak tanah);
  6. Meningkatnya pemahaman masyarakat (kaum pria dan wanita) terhadap manfaat penggunaan gas bumi untuk rumah tangga.

 MANFAAT KEGIATAN

  1. Manfaat bagi pemerintah adalah mengurangi beban subsidi BBM (minyak tanah), mensukseskan program diversifikasi energi dan konservasi energi serta mensukseskan program langit biru.
  2. Manfaat bagi masyarakat adalah tersedianya gas bumi untuk rumah tangga yang murah, bersih dan aman atau mudah penggunaannya di Kabupaten Bekasi

 PELAPORAN

Penyedia Jasa harus membuat dan menyampaikan laporan harian, mingguan dan bulanan secara rutin.

  1. Laporan Harian

       Laporan harian berisi tentang hasil pelaksanaan pekerjaan harian antara lain kondisl cuaca, staf dan tenaga yang digunakan, material dan peralatan yang dlpakal, material yang dipesan, prestasi pekerjaan serta lnformasi lain yang dapat menjelaskan hasil pekerjaan.

  1. Laporan Mingguan

       Laporan mingguan dibuat setiap minggu berisi prestasi pekerjaan yang telah dilaksanakan pada minggu tersebut dalam volume dan bobot pekerjaan.

  1. Laporan Bulanan

       Laporan bulanan dibuat pada akhir bulan pelaporan yang berisi kemajuan fisik pekerjaan sampai bulan bersangkutan dan perkiraan kemajuan fisik pada bulan berikutnya termasuk S-Curve.

  1. Laporan Akhir

       Laporan akhir berisi hasil keseluruhan pekerjaan fisik termasuk dokumen gambar-gambar sesuai pelaksanaan dan kelengkapannya (as-build drawings) serta pedoman pengoperasian jaringan distribusi gas bumi.

                                                              

 CARA PELAKSANAAN KEGIATAN

Metode dan Tahapan Pelaksanaan Kegiatan

Metode yang digunakan adalah pembebasan lahan, pengadaan alat dan material, penggalian, penggelaran pipa, kontruksi, comisionning, maintenance.

 TEMPAT PELAKSANAAN KEGIATAN

Tempat pelaksanaan kegiatan pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga sebanyak + 3.949 SR di Kabupaten Bekasi

 

Go to top